Implementasi Teknologi Big Data Pada PT. Bank Mandiri Tbk

A. Pengertian Big Data

Menurur Thomas Big Data adalah sebuah istilah untuk menggambarkan volume data yang besar baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur yang melebihi kapasitas pengolahan system database. Dengan kata lain Big Data bisa digambarkan sebagai sebuah media penyimpanan yang menawarkan ruang tanpa batas serta kemampuan untuk mengakomodasi dan memproses berbagai jenis data dengan cepat.

PT. Bank Mandiri menggunakan Big Data dalam mengolah berbagai data yang ada di dalam peusahaannya. Big Data dapat mempermudah perusahaan ini dalam mengumpulkan dan menganalisa  data-data nasabah berupa kebiasaan dan gaya dalam menggunakan uangnya dan melakukan transaksi hariannya dengan Bank Mandiri.

Oleh karena itu Bank Mandiri membuat inovasi dengan membuat system yang menggunakan teknologi Big Data seperti E-Banking, Credit Card,

 

B. 4V’s Big Data PT. Bank Mandiri

1. Volume

Jumlah data yang dikumpulkan dan dihasilkan

     2. Variety

Jenis dan sifat dari data

     3. Velocity

Kecepatan data yang dihasilkan dan diproses untuk memenuhi permintaan

    4. Veracity

Ketidakpastian data

C. Terminologi Big Data

      1. Data

  • Mengembangkan aplikasi pengelolaan data untuk pencarian pattern pada data gudang dengan menggunakan teknologi big data berbasis java.
  • Metode pengembangan perangkat lunak yang akan digunakan yaitu metodologi Scrum (Agile),
  • Scrum adalah sebuah metode iteratif yang termasuk dalam metode Agile tentang bagaimana cara mengelola dan menjalan-kan sebuah proyek.

     2. Teknologi

Teknologi yang di gunakan PT. Bank Mandiri dalam mengolah Big Data yaitu Hadoop dan Java.

     3. Proses

Pada Implementasi big data, terdapat beberapa proses yang bekerja pada system yaitu :

  • Dalam prosesnya database gudang di export menjadi .txt. Kemudian data yang sudah di rubah menjadi txt tersebut di import ke ftp in di dalam directory hadoop
  • Setelah itu di dialam directory hadoop proses big data dengan menggunakan algoritma mapreduce terjadi
  • Jika proses big data sudah selesai, hasil dari proses big data akan menjadi ftp out di directory hadoop
  • Satelah ftp out sudah masuk dalam directory hadoop, ftp out akan di eksport ke file lokal menjadi ouput.bat yang dapat di baca juga sebagai file.txt,
  • Kemudian saat user ingin melihat data berdasarkan periode, user dapat melihatnya di “Result” kemudian pada prosesnya program akan mengambil file output dan memanggil data yang berdasarkan kode program yang berada di output dalam database Gudang
  • Kemudian user dapat melihat hasil dari data kelolaan dengan teknologi big data pada User Interface di java yang telah di jalankan.

    4. SDM

Dalam mengaplikasikan teknologi Big Data dibutuhkan SDM dengan keahlian analitik dan kreativitas yaitu kemampuan atau keterampilan untuk menentukan metode baru yang dapat dilakukan untuk mengumpulkan, menginterpretasi dan menganalisis data, keahlian pemrograman komputer, dan ketrampilan bisnis yaitu pemahaman tentang tujuan bisnis.

Pada PT. Bank Mamdiri SDMnya yaitu

  • Staf
  • Sales
  • Management

D. Manfaat Dan Dampak

Dengan adanya aplikasi pengelolaan data untuk pencarian pattern data gudang dengan menggunakan teknologi Big Data, staff dan management dapat memperoleh informasi pattern data untuk pelaporan dan analisa dalam mengambil keputusan.

Leave a Reply